5 Cara Memasak Kerupuk Selain Digoreng dengan Minyak

  • Whatsapp
5-Cara-Memasak-Kerupuk-Selain-Digoreng-dengan-Minyak
Foto dari Canva Pro

Kerupuk biasanya menjadi makanan pendamping atau sebagai camilan. Kerupuk juga menjadi makanan yang dapat memeriahkan suasana saat berkumpul dengan keluarga atau teman. Bahkan, ada banyak orang yang mengatakan tidak afdol jika makan tanpa kerupuk di piringnya.

Cara Lain untuk Memasak Kerupuk

Bahan baku kerupuk pada dasarnya terbuat dari tepung tapioka atau pati jagung, sagu, atau beras. Bahan baku tersebut dapat ditambah perisa seperti ikan, udang, atau ayam. Memasak kerupuk biasanya digoreng. Tetapi, ternyata ada berbagai cara memasak kerupuk, seperti di bawah ini:

1. Dimasak Sebagai Seblak

Anda dapat membuat seblak dengan bahan kerupuk. Masakan ini menggunakan kerupuk basah yang diolah dengan bumbu pedas.

Untuk memasaknya, gunakanlah kerupuk udang, ikan, atau bawang kemudian rendam dengan air panas. Setelah kerupuk lembek dan bantat, Anda dapat menambahkan dengan bakso, sosis, mie, kaki ayam, atau makaroni yang diproses sama dengan kerupuk tadi. Bumbu seblak yang pedas dapat Anda buat sendiri atau membeli bumbu instan.

2. Dipanggang dengan Oven

Memasak kerupuk tanpa digoreng dapat menggunakan oven. Anda tidak perlu menggunakan minyak untuk memasaknya dengan cara dipanggang. Untuk memasaknya, siapkan kerupuk dan panaskan oven dengan panas 170 derajat Celcius.

Masukan kerupuk dan tunggulah sekitar kurang lebih tujuh menit hingga kerupuk mengembang. Setelah mengembang, matikan oven dan keluarkan kerupuk dari oven kemudian dinginkan sebentar sebelum masuk ke dalam toples.

3. Menggunakan Microwave

Selain menggunakan oven, Anda juga dapat memasak kerupuk menggunakan microwave. Jika ukuran microwave milik Anda kecil, masaklah kerupuk sedikit demi sedikit, terutama yang berukuran besar.

Gunakan suhu sebesar 60 derajat Celcius agar kerupuk mengembang. Anda dapat memanggang dengan berkala. Pertama, atur selama 20 hingga 25 detik. Jika kerupuk belum mengembang, Anda dapat menambah beberapa detik hingga kerupuk mengembang.

4. Digoreng tanpa Minyak

Anda tetap dapat menggunakan penggorengan jika tidak memiliki microwave atau oven untuk memasak kerupuk, tetapi tetap tanpa menggunakan minyak. Cara ini tentu akan lebih sehat dan bebas kolesterol.

Pertama, siapkan garam dengan tekstur kasar. Garam tidak akan bertambah asin apabila terkena panas dan tidak akan menempel pada kerupuk. Kemudian, siapkan pula kerupuk yang akan digoreng.

Panaskan kompor dan wajan. Gunakanlah wajan yang tebal agar panas merata. Kemudian, tuang garam kasar ke dalam wajan, lalu sangrai sebentar dan tunggu hingga garam berwarna agak keabuan. Warna ini menandakan bahwa garam sudah panas.

Setelah garam panas,masukan kerupuk ke dalam garam. Agar kerupuk matang dan mengembang, Anda harus sering membolak-balik kerupuk agar tidak cepat gosong. Kecilkan api agar garam tidak meletup-letup. Tetap bolak-balik kerupuk hingga mulai mengembang. Angkat kerupuk yang sudah mengembang dan ulangi penggorengan dengan cara yang sama.

5. Menggunakan Air Fryer

Anda juga bisa menggunakan air fryer untuk memasak kerupuk. Cara ini juga dianggap lebih sehat dibandingkan menggoreng menggunakan minyak. Meski memasak dengan air fryer juga tetap menggunakan minyak sedikit, Anda dapat mengganti dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

Untuk memasak kerupuk, siapkan minyak dengan botol semprot. Taruhlah kerupuk pada wadah, kemudian semprot sedikit kerupuk hingga semua tampak berminyak, tetapi tidak terlalu banyak seperti direndam.

Jika kerupuk berukuran kecil, Anda dapat memasak agak banyak sekaligus. Tetapi, jika kerupuk besar, Anda dapat memasukkan dua kerupuk ke dalam wadah air fryer. Untuk memasak tahap pertama, kerupuk akan lebih lambat matang karena air fryer belum panas. Anda akan membutuhkan waktu sekitar enam hingga tujuh menit dengan suhu 200 derajat Celcius.

Pada masakan kedua, biasanya air fryer sudah cukup panas dan Anda dapat memasak kerupuk hanya sekitar tiga menit. Jangan lupa untuk selalu membalik kerupuk agar tidak gosong di tengah-tengah memasak.

Kerupuk menjadi makanan selingan dan pendamping makanan favorit di Indonesia. Pastikan pengolahan kerupuk lebih sehat agar dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *