Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Mendengar Peringatan Dini Kebakaran?

Apa-yang-Harus-Anda-Lakukan-Saat-Mendengar-Peringatan-Dini-Kebakaran
Foto dari Canva

Pernah mendengar peringatan alarm kebakaran seperti fire alarm bell saat beraktivitas? Apa yang Anda lakukan setelahnya? Tak jarang bunyinya yang mengejutkan membuat orang-orang panik dan sulit fokus untuk mencari jalur evakuasi. Akibatnya, banyak orang yang terjebak dan kesulitan keluar saat api membesar.

Anda tentunya tak mau menghadapi situasi seperti itu, bukan? Dalam artikel ini, Anda dapat menyimak cara kerja peringatan dini yang dikeluarkan alarm dan hal-hal yang harus dilakukan sesaat setelah Anda mendengarnya.

Cara kerja peringatan dini dari alarm

Ketika fire alarm berbunyi, lampu indikator yang berada pada sistem kontrol utama akan menyala. Lampu pun menunjukkan lokasi sumber api ditemukan. Kalau Anda mengetahui adanya sumber api di sekitar tetapi tak mendengar alarm berbunyi, segera pecahkan kaca alarm manual yang akan mengaktifkan peringatan dini.

Kemudian saat suhu ruangan dan sekitarnya meningkat hingga melebihi temperatur normal, alat seperti sprinkler akan otomatis aktif. Hal tersebut merupakan respons saat alat menghadapi panas, api, maupun asap. Air pun akan keluar terus menerus untuk memadamkan dan mengembalikan suhu ruangan menjadi normal.

Anda pun tak perlu panik atau terkejut. Segera cari jalur evakuasi dan keluar secara tertib. tetap fokus juga pada lingkungan sekitar untuk menghindari bahaya dan risiko lainnya.

Hal-hal yang sebaiknya dilakukan saat alarm berbunyi

Ketika alarm kebakaran berbunyi, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan-tindakan berikut

  • Segera hubungi regu darurat. Jika Anda kebetulan bekerja di bagian pemantauan alarm, segera hubungi regu darurat seperti pemadam kebakaran. Selain itu, prioritaskan melakukan evakuasi orang-orang yang berada di area tersebut sebelum kebakaran membesar;
  • Tunggu api padam untuk ambil barang. Tak dipungkiri api akan melalap banyak barang berharga, tetapi jangan nekat menyelamatkannya, terutama kalau Anda sudah berada di luar ruangan. Tunggu sampai api dipadamkan dan suhu mendingin untuk memulai pencarian;
  • Mengamankan gedung yang terbakar. Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengurus gedung yang terbakar. Dalam hal ini, amankan gedung mengingat kasus seperti pencurian dan penjarahan kerap terjadi, terutama pada fasilitas-fasilitas publik;
  • Kontak perusahaan asuransi. Apakah gedung yang baru dilalap si jago merah sudah diasuransikan? Segera hubungi perusahaan asuransi untuk mengajukan klaim. Pasalnya, uang pertanggungan hanya bisa dicairkan pada jangka waktu tertentu.

Selain poin-poin di atas, Anda juga perlu mengatur emosi supaya tak mudah panik atau ceroboh mengambil tindakan. Sikap yang kurang tenang justru akan menimbulkan kehebohan yang membuat proses evakuasi semakin sulit. Pemadam kebakaran juga tak bisa segera mengatasi kobaran api.

Semoga setelah membaca penjelasan di atas Anda bisa memilih alarm kebakaran yang tepat dan hati-hati merespons kala mendengar bunyi peringatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *