Fitness dan Gym, Apakah Sama?

Fitness-dan-Gym-Apakah-Sama
Foto dari Canva

Istilah fitness dan gym seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, ketika berolahraga di dalam ruangan menggunakan alat fitness yang bisa dibeli di toko alat musik dan sport terlengkap dan termurah, MG. Di mana, peralatannya sendiri mencakup sepeda statis, treadmill, cable machine, dan lain sebagainya.

Meski, kedua kata tersebut merujuk pada hal yang sama, namun fitness dan gym ternyata berbeda, loh. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

Fitness

Melansir sehatq.com, fitness berarti kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Di mana, secara harfiah, kata ini bisa didefinisikan sebagai “kebugaran”, yang mana tidak selamanya berkaitan dengan fisik saja namun juga kesehatan mental sekaligus emosional.

Melakukan fitness tidak harus di tempat gym, bisa di lapangan, rumah, atau bahkan tempat terbuka. Adapun beberapa contoh olahraganya adalah seperti senam, bermain basket, bermain sepak bola, berenang, dan sit up di rumah.

Bahkan, untuk memperoleh fitness pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja, menerapkan gaya hidup sehat, diet rendah kalori, cukupi waktu istirahat, dan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

Tentu saja, melakukan olahraga satu ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh, misalnya:

  • Meningkatkan produktivitas dan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas;
  • Memiliki stamina yang kuat sehingga dapat mencegah masalah mental maupun emosional;
  • Mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti osteoporosis, diabetes, kanker, jantung, dan lainnya.
  • Mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan umur panjang sebagai bonusnya.

Gym

Berbeda dengan fitness, gym sendiri merupakan tempat yang biasanya yang digunakan untuk latihan olahraga. Gym biasanya dibangun di ruangan tertutup maupun terbuka. Saat  berolahraga di gym, kita akan membutuhkan peralatan khusus seperti sepeda statis, treadmill, dan lainnya serta dilengkapi dengan peralatan yang dapat membantu melatih kelenturan tubuh.

Meski, dulunya gym diartikan sebagai tempat untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga, misalnya atletik, senam, dan lainnya. Namun, kini, gym lebih dikenal sebagai pusat kebugaran, yang seringkali digunakan untuk kegiatan olahraga seperti kardio, senam, angkat beban, dan lain sebagainya.

Biasanya, tempat gym juga memiliki trainer atau pelatih yang akan membantu pelanggannya berolahraga.

Perbedaan Fitness dan Gym

  • Dari segi latihan

Fitness tidak hanya fokus pada angkat beban saja, namun juga olahraga lain dengan tujuan untuk mencapai kebugaran tubuh. Sementara, gym merujuk pada kegiatan latihan mengangkat beban untuk membangun masa otot tubuh.

  • Dari segi tempat latihan

Gym biasanya dilakukan di dalam ruangan, sedangkan fitness bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, hanya melakukan sit up di rumah, ini sudah dinamakan sebagai fitness. Namun, memang, sekarang ada yang namanya fitness center, di mana tempat ini tidak hanya menyediakan peralatan gym saja, tapi juga kolam renang, tempat jogging, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia perbedaan gym dan fitness. Bagaimana, apakah kamu sering terbalik mengartikan kedua istilah tersebut?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *