Tak Hanya Menyenangkan, Inilah 6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

  • Whatsapp
Tak-Hanya-Menyenangkan-Inilah-6-Manfaat-Bersepeda-Bagi-Kesehatan-Fisik-dan-Mental
Foto dari Canva Pro

Belum menemukan toko sepeda sesuai keinginan Anda? Elbike Official Store adalah solusi bagi Anda. Toko ini menyediakan jenis sepeda yang unik dan khas milenial sehingga menarik untuk dikunjungi. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk yang ada.

Bersepeda adalah jenis olahraga yang mudah dilakukan oleh siapa saja, baik untuk anak-anak, remaja hingga orang dewasa bahkan manula sekalipun. Jalur bersepeda juga cukup simpel dan mudah ditemukan meskipun di jalan raya. Saat ini perlengkapan untuk menunjang kegiatan berolahraga juga semakin banyak modelnya.

Manfaat bersepeda

Selama ini, manfaat bersepeda yang paling sering digaungkan adalah meningkatkan kesehatan tubuh. Hal tersebut tidak salah namun masih terlalu lebar dan kurang menunjukkan manfaat bersepeda secara spesifik. Lalu apa saja manfaat bersepeda yang lebih lengkap bagi kesehatan? Di bawah rangkuman tentang 4 manfaat bersepeda bagi tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang pertama dari bersepeda adalah menjaga stabilitas kesehatan jantung Anda. Saat Anda bersepeda secara tidak langsung menguatkan otot jantung dan menurunkan denyut nadi istirahat. Selain itu, bersepeda juga mampu menurunkan kadar lemak pada darah. Bagi orang yang rutin bersepeda berpeluang besar terhindar dari penyakit jantung.

2. Menguatkan kaki

Bagian yang bekerja paling dominan saat bersepeda adalah bagian bawah Anda, terutama pada kaki. Orang yang rutin bersepeda akan membuat area tubuh bagian bawah menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Yang menarik adalah penambahan kekuatan tersebut tidak membuat otot tubuh bagian bawah bekerja terlalu keras, malah terkesan santai dan menyenangkan. Bagian betis dan paha akan bertambah lebih kuat untuk melakukan aktivitas harian.

3. Mengurangi risiko diabetes

Anda pernah memiliki riwayat penyakit diabetes? Sebaiknya mulailah untuk mencoba hidup sehat dengan rutin bersepeda. Rutin bersepeda setiap hari selama 30 menit dapat menurunkan risiko diabetes.

Imbangi juga dengan pola hidup yang sehat seperti menghindari makanan cepat saji. Karena saat ini penderita diabetes tidak hanya berasal dari orang-orang dewasa atau tua, namun juga bisa menyerang anak-anak muda.

4. Menjaga berat badan ideal

Para pejuang berat badan ideal harus segera mencoba jenis olahraga bersepeda. Pasalnya, bersepeda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Dengan bersepeda rutin membantu membakar kalori sehingga membuat berat badan lebih ideal. Namun, agar Anda mendapatkan berat badan ideal secara cepat dapat diimbangi dengan pola hidup sehat.

5. Menurunkan risiko diabetes

Salah satu penyebab diabetes adalah kekurangan aktivitas fisik. Dengan bersepeda, semua bagian tubuh dapat bergerak intens dan saling bekerja sama mengayuh sepeda.

Aktivitas bersepeda dapat membantu menurunkan risiko diabetes sampai 40 persen dengan cara rutin setiap hari. Tidak perlu waktu lama, cukup lakukan kegiatan bersepeda selama 30 menit.

6. Mengurangi stress

Bersepeda termasuk dalam aktivitas fisik yang dapat membantu produksi hormon dopamin. Hormon iniĀ  berguna sebagai pemicu rasa bahagia bagi tubuh Anda. Jika tubuh banyak menghasilkan hormon dopamin dapat mengurangi tingkat stress karena tekanan pekerjaan atau sekolah. Lebih jauh lagi dapat mencegah depresi yang dapat menghambat aktivitas Anda.

Enam manfaat di atas dapat Anda jadikan semangat untuk rutin bersepeda. Pasalnya, bersepeda tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik namun juga pada mental. Terbukti mampu memicu hormon dopamin sehingga mengurangi stress. Jadi, tunggu apalagi? Segera pilih-pilih sepeda yang Anda sukai di Elbike Official Store yang sudah terbukti dapat dipercaya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *